Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati

Gerbang Ramadan sudah ada di depan mata, saatnya kembali menjalani ibadah puasa bagi umat Islam. Menahan nafsu sebulan penuh merupakan ujian yang harus dijalani. Agar tetap kuat selama Ramadan, mungkin kita bisa belajar dari pohon jati.

Alkisah, ketika kuda masih jadi satu-satunya alat transportasi dan banyak orang masih berpergian ke tempat yang jauh dengan berjalan kaki, demikian pula yang dilakukan dua pengelana ini. Yang satu janggutnya panjang memutih dan pria satunya masih muda berbadan tegap. Mereka adalah guru dan murid yang melintasi hutan-hutan di pulau Jawa.

Ilustrasi pohon jati / lensaindonesia.com

Berbulan-bulan mereka berjalan melewati hutan dan perkebunan. Sampai suatu saat kembali berada di sebuah hutan jati. Cuaca sangat panas, rasa haus dan lapar lebih cepat terasa.

Sang murid melihat pohon-pohon jati yang meranggas kering. Pohon-pohon jati itu melepaskan dedaunannya. Daun-daun kecoklatan terbang dan terhempas ringan di atas tanah. Lantai hutan jati terlihat penuh dengan daun lebar kering berwarna coklat muda yang berserakan. 

Penuh rasa penasaran, sang murid bertanya pada gurunya, ”Guru, dua bulan lalu, kita pernah melintasi hutan jati di tempat lain. Waktu itu kita merasakan kesejukan dibawah naungan pepohonan jati dengan daun hijaunya yang segar dan bunga-bunganya yang sedang mekar. Kali ini, hampir tak ada daun yang melekat di ranting pepohonan ini. Apa jati ini harus menggugurkan daunnya setiap tahun guru?”

”Kemarau dengan panas yang terik dan air dari langit yang tertahan, mengharuskan jati melewati hari harinya dengan melepas dedaunannya. Begitulah jati menempa dirinya muridku,” jawab sang guru singkat.

”Bagaimana caranya jati bisa tumbuh dan berkembang tanpa daun. Bukankah daun sangat penting untuk menyerap matahari dan menguapkan air bagi tumbuhan. Mereka bisa mati kalau begitu terus, Guru?” sang murid mendesak gurunya menjelaskan.

Sang guru kemudian menjawab rasa penasaran muridnya, ”Itulah hikmah yang Tuhan berikan melalui pohon jati. Meski tanpa daun, pohon jati justru sedang menempa dirinya menjadi salah satu pohon terbaik di bumi ini. Dia takkan mati. Ia bahkan sedang ”berpuasa” untuk tidak berkembang secara kasat mata. Ia sedang menempa dirinya untuk sanggup bertahan dengan ujian kekurangan air dan panasnya cuaca. Ia melewati ujian itu sambil mengugurkan masalah yang ada di daun dan memperbaiki kulitas kayu di batangnya.”

”Menggugurkan masalah? Artinya daun-daun itu kalau terus ada dan bekerja di musim kemarau bisa mengganggu pertumbuhan pohon karena boros air. Nantinya bagian pohon lain seperti batang dan akar bisa terganggu ya, Guru?”

”Benar sekali muridku. Sama halnya dengan tubuh kita. Pada saatnya kita harus mengistirahatkan anggota badan kita seperti perut untuk mengurangi kerjanya. Itu sangat diperlukan agar bagian lain dari diri kita berfungsi lebih optimal. Misalnya, saat perut beristirahat mengolah makanan, bagian tubuh lain khususnya pikiran dan jiwa kita bisa lebih optimal bekerja. Bukankah perut kita adalah salah satu sumber munculnya penyakit," papar sang guru menjelaskan kearifan alam yang diamatinya.

 

Sambil melewati daun-daun kering yang jatuh, suara dedaunan itu berderak memecah kesunyian saat terinjak kasut dua pengelana ini.

Sesaat, sang guru berhenti dan menepuk punggung muruidnya, "Daun-daun ini bisa kita andaikan sebagai dosa-dosa kita. Saat kita mau berkorban untuk menahan diri dan bertahan dari ujian, Tuhan akan memberi kita karunia-Nya berupa bergugurannya dosa-dosa kita. Pada saat dosa-dosa itu berlepasan dalam diri kita, maka hidup ini jadi lebih tenang dan bahagia. Bahagia itulah kualitas tertinggi yang diraih manusia dan sekaligus karunia dari-Nya. Kamu ingin hidup bahagia kan muridku?"

”Eh iya guru, pasti. Makanya kita harus segera sampai di kampung agar tenang, gak kepanasan begini Guru”

”Kamu masih puasa, kan? Jangan kalah sama pohon Jati yang puasanya lebih panjang dari kita,” canda Sang Guru

”Hahaha...” Guru dan murid tertawa. Mereka mendapatkan kearifan hidup dari gugurnya dedaunan pohon Jati. 
Description: Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati

Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store

Promo Apps


Merayakan ulang tahun App Store ke-5, para pengembang yang berbaik hati menurunkan harga aplikasi mereka tidak tanggung-tanggung, menjadi GRATIS!
Berikut ini daftar aplikasi populer yang menjadi gratis yang kami temukan, kamu bisa menghemat ratusan ribu dengan mengunduhnya sekarang juga, mumpung lagi gratis.

Aplikasi iOS

Tiny Wings untuk iPhone

Game populer yang kelucuannya menyaingi Angry Birds. Sebelumnya Rp9500.
Website | Download | Harga: Gratis

Tiny Wings untuk iPad

Harga sebelumnya Rp29000
Website | Download | Harga: Gratis

BADLAND

BADLAND merupakan salah satu game pemenang Design Award 2013. Harga sebelumnya Rp39000, tersedia untuk iPad dan iPhone.
Website | Download | Harga: Gratis

DayOne

Aplikasi jurnal harian yang populer, merupakan aplikasi universal, sebelumnya Rp49000.
Website | Download | Harga: Gratis

Superbrothers: Sword & Sorcery EP

Game unik dengan visual pixel art yang indah. Merupakan aplikasi universal. Sebelumnya Rp49000
Website | Download | Harga: Gratis

Where’s My Water?

Siapa yang gak tahu buaya yang satu ini. Sebelumnya Rp9500
Website | Download | Harga: Gratis

Infinity Blade II

Game 3D slashing dengan gambar memukai, sekarang bisa didapatkan gratis, sebelumnya Rp69000
Website | Download | Harga: Gratis


Description: Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store

Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang



Suatu ketika kamu lagi ke TK. Mungkin ngejemput keponakan kamu, mungkin lagi penelitian tugas kuliah, atau mungkin juga kamu adalah om-om pedofil. Entahlah. Nah, kali ini MBDC akan kasih kamu gambaran, gimana kira-kira bentuk anak-anak TK yang akan kamu temui di jaman sekarang. Kenapa? Karena jaman sekarang, anak-anak TK-nya udah beda sama anak-anak TK jaman dulu. Ya iyalah ya, kalo anak TK-nya dari dulu bentuknya sama aja serem banget.
Kira-kira gimana ya anak-anak TK sekarang ini?

1. Anak Ceria

Anak-anak yang suka lari sana-sini, aktif, energik, pecicilan, kalo jatoh bangun lagi, lari lagi, jatoh lagi, bangun lagi, pokoknya semangat banget deh! Anak-anak kayak gini juga biasanya bawel dan karena mereka bawel, mereka jadi lucu. Tapi, ada juga beberapa dari mereka yang bawelnya kelewatan, jadi sedikit nyebelin deh. Tapi yah…namanya juga anak-anak.

2. Anak yang Tukang Nangis

Anak yang kayak gini nih, yang bikin kamu speechless. Kamu akan merasa bersalah kalo deket-deket sama anak tipe ini. Anak-anak kayak gini, kalo udah gede pasti melow-melow, nyanyinya lagu Melly Goeslow, mata sembap karena galaow (galau), dan semua gara-gara LOW! Ehem. Ya gitu deh.
Kamu akan kaget, kalo kamu nemu anak kayak gini ilang. Kira-kira begini skenarionya :
Kamu: adik kecil, namanya siapa?
Adik Kecil : TOLONG-TOLONG AKU MAU DI CULIK!! *nangis*
*Gurunya keluar*
Adik Kecil : BU GURU, OM INI MAU CULIK AKUUUUU!!!
Kamu : a..e…a….e…
*kamu speechless, gak bisa berkata-kata*
*Bu Guru panggil security*
*kamu bisa tebak sendiri akhir ceritanya*

3. Anak Salah Gaul

Anak-anak kayak gini mungkin sehari-harinya sering berada di sekitar anak-anak yang lebih dewasa, dimana sudah mengenal bahasa gaul dan lebih parahnya, mulai berkata-kata kasar. Karena anak kecil gampang terpengaruh dan suka meniru, mereka menggunakan bahasa yang tidak baik, di setiap perkataan mereka. Tujuannya? Gak tau, mungkin mereka nganggep itu keren kali ya.
Anak-anak yang kayak gini suka bikin kaget sih. Kamu sapa baik-baik, eh dia ngatain kamu pake semua isi kamus sampah serapah. Nyebelin sih. Tapi gimana dong. Namanya juga anak kecil.

4. Anak Patung

Kenapa namanya anak patung? Apakah mereka kebanyakan main "jadi patung" sama guru mereka? Jadi, semua ini salah guru mereka?!
Bukan. Anak yang kayak gini ini kerjaannya diem dan gak peduli keberadaan kamu sama sekali. Kamu sapa dia, gak dijawab. Dia cuma liat kamu sebentar, terus gak peduli lagi. Trus kamu jadi awkward sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pun sering dicuekin. Sekarang sama anak kecil pun kamu dicuekin. Kamu pun sedih, jalan ke pojokan, dan menangis tersedu-sedu sambil minum es teh tawar. Kenapa es teh tawar? Karena itu yang paling murah. Sekian.

5. Anak Bule

Bukan bule beneran, tapi anak-anak ini udah kayak anak bule yang kecil-kecil udah ngomong bahasa inggris. Orang tua mereka pengen Inggris mereka lancar, jadi anak-anak di ajari bahasa Inggris sedini mungkin. Jaman sekarang makin banyak nih yang model beginian, mengingat sekarang sekolah-sekolah internasional juga udah makin banyak dan makin populer.
Anak-anak kayak gini juga kayaknya gak lengkap kalo gak sambil main iPad. Bikin minder ya. Waktu kamu kecil dulu paling kamu mainan kelereng, congklak, atau bekel kan. Setelah memohon bertahun-tahun, akhirnya dibeliin Nintendo. Sementara anak jaman sekarang…dari kecil banget udah main iPad.

6. Anak yang Cakep

Anak-anak kayak gini, mukanya cakep, lucu, imut, pokoknya ngegemesin deh. Anak-anak ini biasanya menjadi sasaran utama foto bareng atau mungkin jadi sasaran objek foto buat dipost di Instagram gitu deh. Untungnya kebanyakan dari mereka memang bakat jadi artis, jadi gak terlalu masalah juga, udah biasalah mereka diajak foto-foto gitu.
Beberapa dari mereka juga dieksplotasi untuk menjadi bintang sinetron, model, atau bintang iklan. Yah… Memang udah takdir juga sih ya, mungkin waktu pembagian muka datengnya awal-awal, jadi dapet yang bagus.
Ya gitu deh. Apa? Menurut kamu jenis-jenis anak TK-nya sama aja kayak anak TK jaman dulu? Ya udah sih. Kamu juga paling udah gak inget kan waktu TK dulu kayak gimana. Anggep aja bedalah.
Description: Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang

10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia

Berjemur di Bagian Dunia Terbanyak Disinari Matahari 
Yuma, Arizona

Ingin berpuas-puas berjemur di bawah sinar matahari? Kunjungi saja Kota Yuma di negara bagian Arizona, Amerika Serikat.

Di Yuma, hampir 90 persen dalam 24 jamnya disinari matahari. Karena itulah, Yuma menjadi tempat yang tepat bila Anda mencari langit cerah dan ingin berjemur di bawah sinar mentari.
Yuma dilewati Sungai Colorado, dan memiliki iklim gurun dengan kelembapan rendah dan udara malam yang lebih dingin. Cuaca yang hampir selalu cerah sepanjang tahun di kota ini menjadikannya tempat bagi para pilot militer berlatih karena langitnya tak pernah berawan.

Belajar Sejarah Kuliner di Restoran Tertua Dunia  
Madrid, Spanyol

Saat mengunjungi Madrid, Spanyol, jangan hanya terpukau dengan gemerlapnya sepakbola mereka. Madrid juga memiliki restoran tertua di dunia.

Restoran yang dimaksud adalah Botin Restaurant. Restoran ini sudah berdiri di Madrid sejak 1725, menjadikannya restoran tertua di dunia yang tak pernah berhenti beroperasi. Bahkan, ketika terjadi Perang Sipil Spanyol, restoran ini tetap buka.
Botin Restaurant menjadi salah satu landmark populer di Madrid. Botin semakin terkenal karena letaknya yang berada di pusat Madrid, dengan kuliner khas Castilian dan penampakan restoran yang bersejarah.

Mengagumi Keindahan Dubai dari Bangunan Tertinggi Dunia  
Dubai, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter.

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia. Dan pada 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat, berhasil dilewati.

Selain mencatat rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga mempunyai lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Bangunan ini juga menjadi bangunan berlantai terbanyak, yaitu 160 lantai.
Dalam Burj Khalifa terdapat perkantoran, pusat perbelanjaan, serta hotel. Anda juga dapat melihat pemandangan Dubai dan sekitarnya dari dek observasi di Burj Khalifa di lantai 124.

Menyegarkan Tubuh di Kolam Renang Raksasa

Algarrabo, Chile

Ada yang unik dihadirkan Chile untuk menarik wisatawan berkunjung ke sana, beruupa kolam tebesar di dunia.

Kolam renang di hotel San Alfonso del Mar, Chile, menjadi yang terbesar di dunia dengan ukuran hampir satu mil dan berisi 66 juta galon air yang dipompa langsung dari Samudra Pasifik. Kolam renang hotel yang terletak di tepi pantai ini terlihat seperti sebuah laut luas daripada sebuah kolam renang.

Kolam ini membutuhkan waktu lima tahun untuk membangunnya. Sejak dibuka 2008 lalu, kolam besar ini menarik kerumunan besar untuk berkunjung ke San Alfonso del Mar resort di Algarrobo, di pantai selatan Chili.


Wow, Hotel Ini Sudah Buka Selama 1.300 Tahun 
Yamanashi, Jepang

Di Kota Hayakawa, di kaki Gunung Fuji, Jepang, terdapat Nisiyama Onsen Kelunkan, hotel tertua di dunia. Hotel ini dibuka pada 705 masehi.

Hotel bersejarah ini berada di bawah bukit hijau dan telah melayani tamu selama 1.300 tahun. Hotel ini hanya memiliki 52 staf yang siap melayani para tamu yang biasanya datang untuk menikmati pemandian air panas.
Hotel Nisiyama Onsen Keiunkan adalah bukti budaya Jepang yang sudah berumur tua namun tetap konsisten tetap bertahan dengan ketradisionalannya di era moderen ini.

Dingin-Dingin Seru Bermain di Arena Ice Skating Terpanjang Dunia  
Winnipeg, Kanada

Kanada memang terkenal dengan udaranya yang hampir selalu dingin. Tak heran, negara ini menjadi salah satu destinasi wisata musim dingin.

Saat temperatur udara menurun, wisatawan biasanya datang untuk bermain ice skating di Sungai Assiniboine. Di musim dingin, sungai ini menjadi arena ice skating terpanjang di dunia.
Di sisi sungai ini terdapat beberapa pondok kecil dimana wisatawan bisa menghangatkan diri atau menyantap makanan saat beristirahat dari bermain ice skating. Panjang sungai ini sendiri adalah sekira lima mil, mulai dari Kota Forks menuju Winnipeg.

Lihat Hewan Liar di Cagar Alam Terbesar Sejagad  

Selous, Tanzania

Cagar Alam Selous adalah sebuah area seluas 50 juta kilometer persegi yang dilindungi di Tanzania. Cagar alam ini adalah cagar alam terbesar di dunia.

Di Cagar Alam Selous ini, Anda dapat melihat gajah, antelope, jerapah, kuda nil, serta hewan-hewan khas Afrika lainnya di area alam liar yang sangat luas. Lebih dari satu juta hewan liar hidup di cagar alam ini.

Cagar alam ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, yang besarnya dua kali besar negara Belgia. Di dalamnya terdapat ekosistem yang berbeda, mulai dari hutan, padang rumput, hingga rawa-rawa, dan sungai.

Byurrr! Meluncur dengan Kecepatan Penuh di Seluncuran Tertinggi Dunia 
Rio de Janeiro, Brazil

Ingin tahu rasanya jatuh dari pesawat? Siap untuk berteriak sambil meluncur dengan kecepatan 50 mil per jam? Kunjungi saja taman air Barra do Piral di Rio de Janeiro, Brasil, ini.

Di taman air ini, Anda harus mencoba Kilimanjaro. Kilimanjaro adalah salah satu seluncuran yang ada di taman air ini, dan merupakan seluncuran air tertinggi di dunia.

Kilimanjaro memiliki tinggi 49 meter dengan kemiringan 50 derajat. Dengan menaiki seluncuran ini, Anda akan dibawa meluncur dengan kecepatan hingga 57 mil per jam! Berani?

Berenang di Antara Jejeran Karang Terbesar di Dunia 
Great Barrier reef, Australia

The Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia.

Great Barrier Reef dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, karang ini terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral.
Kekayaan biodiversitas, perairan yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung (disebut live aboards), membuat karang ini tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir Pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Berdiri di Ujung Bangunan Setinggi 356 Meter, Berani?  
Toronto, Kanada

Salah satu tempat wisata yang bisa dipakai untuk menguji adrenalin adalah CN Tower di Kota Toronto, Kanada, bernama EdgeWalk. Atraksi ini menyajikan sebuah tur singkat berjalan mengelilingi bagian luar kubah observasi yang kalau dihitung-hitung berada di ketinggian 1.168 kaki (atau sekira 356 meter) di atas permukaan bumi.

Para peserta akan berjalan di atas titian selebar 1,5 meter dan masing-masing dibekali dengan seragam khusus serta alat pelindung keselamatan yang akan membuat para peserta terikat dengan tali di atas kepala mereka.

Bagian terbaiknya adalah tak ada tali atau besi pegangan yang disediakan. Jadi, yang harus dilakukan oleh para pemberani adalah berjalan merambat dengan bersandar pada dinding dan memutari kubah observasi.
Tali pelindung didesain sangat kuat sehingga memungkinkan para peserta keluar dari papan titian dan mencoba sensasi bergelantungan di atas kota. Itupun kalau ada yang berani.



Description: 10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia