Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati

Gerbang Ramadan sudah ada di depan mata, saatnya kembali menjalani ibadah puasa bagi umat Islam. Menahan nafsu sebulan penuh merupakan ujian yang harus dijalani. Agar tetap kuat selama Ramadan, mungkin kita bisa belajar dari pohon jati.

Alkisah, ketika kuda masih jadi satu-satunya alat transportasi dan banyak orang masih berpergian ke tempat yang jauh dengan berjalan kaki, demikian pula yang dilakukan dua pengelana ini. Yang satu janggutnya panjang memutih dan pria satunya masih muda berbadan tegap. Mereka adalah guru dan murid yang melintasi hutan-hutan di pulau Jawa.

Ilustrasi pohon jati / lensaindonesia.com

Berbulan-bulan mereka berjalan melewati hutan dan perkebunan. Sampai suatu saat kembali berada di sebuah hutan jati. Cuaca sangat panas, rasa haus dan lapar lebih cepat terasa.

Sang murid melihat pohon-pohon jati yang meranggas kering. Pohon-pohon jati itu melepaskan dedaunannya. Daun-daun kecoklatan terbang dan terhempas ringan di atas tanah. Lantai hutan jati terlihat penuh dengan daun lebar kering berwarna coklat muda yang berserakan. 

Penuh rasa penasaran, sang murid bertanya pada gurunya, ”Guru, dua bulan lalu, kita pernah melintasi hutan jati di tempat lain. Waktu itu kita merasakan kesejukan dibawah naungan pepohonan jati dengan daun hijaunya yang segar dan bunga-bunganya yang sedang mekar. Kali ini, hampir tak ada daun yang melekat di ranting pepohonan ini. Apa jati ini harus menggugurkan daunnya setiap tahun guru?”

”Kemarau dengan panas yang terik dan air dari langit yang tertahan, mengharuskan jati melewati hari harinya dengan melepas dedaunannya. Begitulah jati menempa dirinya muridku,” jawab sang guru singkat.

”Bagaimana caranya jati bisa tumbuh dan berkembang tanpa daun. Bukankah daun sangat penting untuk menyerap matahari dan menguapkan air bagi tumbuhan. Mereka bisa mati kalau begitu terus, Guru?” sang murid mendesak gurunya menjelaskan.

Sang guru kemudian menjawab rasa penasaran muridnya, ”Itulah hikmah yang Tuhan berikan melalui pohon jati. Meski tanpa daun, pohon jati justru sedang menempa dirinya menjadi salah satu pohon terbaik di bumi ini. Dia takkan mati. Ia bahkan sedang ”berpuasa” untuk tidak berkembang secara kasat mata. Ia sedang menempa dirinya untuk sanggup bertahan dengan ujian kekurangan air dan panasnya cuaca. Ia melewati ujian itu sambil mengugurkan masalah yang ada di daun dan memperbaiki kulitas kayu di batangnya.”

”Menggugurkan masalah? Artinya daun-daun itu kalau terus ada dan bekerja di musim kemarau bisa mengganggu pertumbuhan pohon karena boros air. Nantinya bagian pohon lain seperti batang dan akar bisa terganggu ya, Guru?”

”Benar sekali muridku. Sama halnya dengan tubuh kita. Pada saatnya kita harus mengistirahatkan anggota badan kita seperti perut untuk mengurangi kerjanya. Itu sangat diperlukan agar bagian lain dari diri kita berfungsi lebih optimal. Misalnya, saat perut beristirahat mengolah makanan, bagian tubuh lain khususnya pikiran dan jiwa kita bisa lebih optimal bekerja. Bukankah perut kita adalah salah satu sumber munculnya penyakit," papar sang guru menjelaskan kearifan alam yang diamatinya.

 

Sambil melewati daun-daun kering yang jatuh, suara dedaunan itu berderak memecah kesunyian saat terinjak kasut dua pengelana ini.

Sesaat, sang guru berhenti dan menepuk punggung muruidnya, "Daun-daun ini bisa kita andaikan sebagai dosa-dosa kita. Saat kita mau berkorban untuk menahan diri dan bertahan dari ujian, Tuhan akan memberi kita karunia-Nya berupa bergugurannya dosa-dosa kita. Pada saat dosa-dosa itu berlepasan dalam diri kita, maka hidup ini jadi lebih tenang dan bahagia. Bahagia itulah kualitas tertinggi yang diraih manusia dan sekaligus karunia dari-Nya. Kamu ingin hidup bahagia kan muridku?"

”Eh iya guru, pasti. Makanya kita harus segera sampai di kampung agar tenang, gak kepanasan begini Guru”

”Kamu masih puasa, kan? Jangan kalah sama pohon Jati yang puasanya lebih panjang dari kita,” canda Sang Guru

”Hahaha...” Guru dan murid tertawa. Mereka mendapatkan kearifan hidup dari gugurnya dedaunan pohon Jati. 
Description: Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Belajar Makna Puasa dari Pohon Jati

Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store

Promo Apps


Merayakan ulang tahun App Store ke-5, para pengembang yang berbaik hati menurunkan harga aplikasi mereka tidak tanggung-tanggung, menjadi GRATIS!
Berikut ini daftar aplikasi populer yang menjadi gratis yang kami temukan, kamu bisa menghemat ratusan ribu dengan mengunduhnya sekarang juga, mumpung lagi gratis.

Aplikasi iOS

Tiny Wings untuk iPhone

Game populer yang kelucuannya menyaingi Angry Birds. Sebelumnya Rp9500.
Website | Download | Harga: Gratis

Tiny Wings untuk iPad

Harga sebelumnya Rp29000
Website | Download | Harga: Gratis

BADLAND

BADLAND merupakan salah satu game pemenang Design Award 2013. Harga sebelumnya Rp39000, tersedia untuk iPad dan iPhone.
Website | Download | Harga: Gratis

DayOne

Aplikasi jurnal harian yang populer, merupakan aplikasi universal, sebelumnya Rp49000.
Website | Download | Harga: Gratis

Superbrothers: Sword & Sorcery EP

Game unik dengan visual pixel art yang indah. Merupakan aplikasi universal. Sebelumnya Rp49000
Website | Download | Harga: Gratis

Where’s My Water?

Siapa yang gak tahu buaya yang satu ini. Sebelumnya Rp9500
Website | Download | Harga: Gratis

Infinity Blade II

Game 3D slashing dengan gambar memukai, sekarang bisa didapatkan gratis, sebelumnya Rp69000
Website | Download | Harga: Gratis


Description: Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Aplikasi Yang Menjadi Gratis Menyambut 5 Tahun App Store

Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang



Suatu ketika kamu lagi ke TK. Mungkin ngejemput keponakan kamu, mungkin lagi penelitian tugas kuliah, atau mungkin juga kamu adalah om-om pedofil. Entahlah. Nah, kali ini MBDC akan kasih kamu gambaran, gimana kira-kira bentuk anak-anak TK yang akan kamu temui di jaman sekarang. Kenapa? Karena jaman sekarang, anak-anak TK-nya udah beda sama anak-anak TK jaman dulu. Ya iyalah ya, kalo anak TK-nya dari dulu bentuknya sama aja serem banget.
Kira-kira gimana ya anak-anak TK sekarang ini?

1. Anak Ceria

Anak-anak yang suka lari sana-sini, aktif, energik, pecicilan, kalo jatoh bangun lagi, lari lagi, jatoh lagi, bangun lagi, pokoknya semangat banget deh! Anak-anak kayak gini juga biasanya bawel dan karena mereka bawel, mereka jadi lucu. Tapi, ada juga beberapa dari mereka yang bawelnya kelewatan, jadi sedikit nyebelin deh. Tapi yah…namanya juga anak-anak.

2. Anak yang Tukang Nangis

Anak yang kayak gini nih, yang bikin kamu speechless. Kamu akan merasa bersalah kalo deket-deket sama anak tipe ini. Anak-anak kayak gini, kalo udah gede pasti melow-melow, nyanyinya lagu Melly Goeslow, mata sembap karena galaow (galau), dan semua gara-gara LOW! Ehem. Ya gitu deh.
Kamu akan kaget, kalo kamu nemu anak kayak gini ilang. Kira-kira begini skenarionya :
Kamu: adik kecil, namanya siapa?
Adik Kecil : TOLONG-TOLONG AKU MAU DI CULIK!! *nangis*
*Gurunya keluar*
Adik Kecil : BU GURU, OM INI MAU CULIK AKUUUUU!!!
Kamu : a..e…a….e…
*kamu speechless, gak bisa berkata-kata*
*Bu Guru panggil security*
*kamu bisa tebak sendiri akhir ceritanya*

3. Anak Salah Gaul

Anak-anak kayak gini mungkin sehari-harinya sering berada di sekitar anak-anak yang lebih dewasa, dimana sudah mengenal bahasa gaul dan lebih parahnya, mulai berkata-kata kasar. Karena anak kecil gampang terpengaruh dan suka meniru, mereka menggunakan bahasa yang tidak baik, di setiap perkataan mereka. Tujuannya? Gak tau, mungkin mereka nganggep itu keren kali ya.
Anak-anak yang kayak gini suka bikin kaget sih. Kamu sapa baik-baik, eh dia ngatain kamu pake semua isi kamus sampah serapah. Nyebelin sih. Tapi gimana dong. Namanya juga anak kecil.

4. Anak Patung

Kenapa namanya anak patung? Apakah mereka kebanyakan main "jadi patung" sama guru mereka? Jadi, semua ini salah guru mereka?!
Bukan. Anak yang kayak gini ini kerjaannya diem dan gak peduli keberadaan kamu sama sekali. Kamu sapa dia, gak dijawab. Dia cuma liat kamu sebentar, terus gak peduli lagi. Trus kamu jadi awkward sendiri. Dalam kehidupan sehari-hari, kamu pun sering dicuekin. Sekarang sama anak kecil pun kamu dicuekin. Kamu pun sedih, jalan ke pojokan, dan menangis tersedu-sedu sambil minum es teh tawar. Kenapa es teh tawar? Karena itu yang paling murah. Sekian.

5. Anak Bule

Bukan bule beneran, tapi anak-anak ini udah kayak anak bule yang kecil-kecil udah ngomong bahasa inggris. Orang tua mereka pengen Inggris mereka lancar, jadi anak-anak di ajari bahasa Inggris sedini mungkin. Jaman sekarang makin banyak nih yang model beginian, mengingat sekarang sekolah-sekolah internasional juga udah makin banyak dan makin populer.
Anak-anak kayak gini juga kayaknya gak lengkap kalo gak sambil main iPad. Bikin minder ya. Waktu kamu kecil dulu paling kamu mainan kelereng, congklak, atau bekel kan. Setelah memohon bertahun-tahun, akhirnya dibeliin Nintendo. Sementara anak jaman sekarang…dari kecil banget udah main iPad.

6. Anak yang Cakep

Anak-anak kayak gini, mukanya cakep, lucu, imut, pokoknya ngegemesin deh. Anak-anak ini biasanya menjadi sasaran utama foto bareng atau mungkin jadi sasaran objek foto buat dipost di Instagram gitu deh. Untungnya kebanyakan dari mereka memang bakat jadi artis, jadi gak terlalu masalah juga, udah biasalah mereka diajak foto-foto gitu.
Beberapa dari mereka juga dieksplotasi untuk menjadi bintang sinetron, model, atau bintang iklan. Yah… Memang udah takdir juga sih ya, mungkin waktu pembagian muka datengnya awal-awal, jadi dapet yang bagus.
Ya gitu deh. Apa? Menurut kamu jenis-jenis anak TK-nya sama aja kayak anak TK jaman dulu? Ya udah sih. Kamu juga paling udah gak inget kan waktu TK dulu kayak gimana. Anggep aja bedalah.
Description: Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Tipe-Tipe Anak TK Jaman Sekarang

10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia

Berjemur di Bagian Dunia Terbanyak Disinari Matahari 
Yuma, Arizona

Ingin berpuas-puas berjemur di bawah sinar matahari? Kunjungi saja Kota Yuma di negara bagian Arizona, Amerika Serikat.

Di Yuma, hampir 90 persen dalam 24 jamnya disinari matahari. Karena itulah, Yuma menjadi tempat yang tepat bila Anda mencari langit cerah dan ingin berjemur di bawah sinar mentari.
Yuma dilewati Sungai Colorado, dan memiliki iklim gurun dengan kelembapan rendah dan udara malam yang lebih dingin. Cuaca yang hampir selalu cerah sepanjang tahun di kota ini menjadikannya tempat bagi para pilot militer berlatih karena langitnya tak pernah berawan.

Belajar Sejarah Kuliner di Restoran Tertua Dunia  
Madrid, Spanyol

Saat mengunjungi Madrid, Spanyol, jangan hanya terpukau dengan gemerlapnya sepakbola mereka. Madrid juga memiliki restoran tertua di dunia.

Restoran yang dimaksud adalah Botin Restaurant. Restoran ini sudah berdiri di Madrid sejak 1725, menjadikannya restoran tertua di dunia yang tak pernah berhenti beroperasi. Bahkan, ketika terjadi Perang Sipil Spanyol, restoran ini tetap buka.
Botin Restaurant menjadi salah satu landmark populer di Madrid. Botin semakin terkenal karena letaknya yang berada di pusat Madrid, dengan kuliner khas Castilian dan penampakan restoran yang bersejarah.

Mengagumi Keindahan Dubai dari Bangunan Tertinggi Dunia  
Dubai, Uni Emirat Arab

Burj Khalifa sebelumnya bernama Burj Dubai, adalah sebuah pencakar langit di Dubai, Uni Emirat Arab yang diresmikan pembukaannya pada 4 Januari 2010. Ketinggian pencakar langit ini adalah 828 meter.

Burj Khalifa adalah bangunan tertinggi di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Dimulai dari melewati ketinggian Taipei 101 sebagai bangunan tertinggi di dunia pada 21 Juli 2007. Pada 12 September 2007, Burj Khalifa berhasil melewati ketinggian CN Tower sebagai struktur bebas (tanpa penyangga) tertinggi di dunia. Dan pada 7 April 2008 struktur tertinggi di dunia dari Menara KVLY-TV yang berada di Blanchard, North Dakota, Amerika Serikat, berhasil dilewati.

Selain mencatat rekor sebagai bangunan tertinggi di dunia, Burj Khalifa juga mempunyai lift tercepat di dunia dengan kecepatan 60 kilometer per jam. Bangunan ini juga menjadi bangunan berlantai terbanyak, yaitu 160 lantai.
Dalam Burj Khalifa terdapat perkantoran, pusat perbelanjaan, serta hotel. Anda juga dapat melihat pemandangan Dubai dan sekitarnya dari dek observasi di Burj Khalifa di lantai 124.

Menyegarkan Tubuh di Kolam Renang Raksasa

Algarrabo, Chile

Ada yang unik dihadirkan Chile untuk menarik wisatawan berkunjung ke sana, beruupa kolam tebesar di dunia.

Kolam renang di hotel San Alfonso del Mar, Chile, menjadi yang terbesar di dunia dengan ukuran hampir satu mil dan berisi 66 juta galon air yang dipompa langsung dari Samudra Pasifik. Kolam renang hotel yang terletak di tepi pantai ini terlihat seperti sebuah laut luas daripada sebuah kolam renang.

Kolam ini membutuhkan waktu lima tahun untuk membangunnya. Sejak dibuka 2008 lalu, kolam besar ini menarik kerumunan besar untuk berkunjung ke San Alfonso del Mar resort di Algarrobo, di pantai selatan Chili.


Wow, Hotel Ini Sudah Buka Selama 1.300 Tahun 
Yamanashi, Jepang

Di Kota Hayakawa, di kaki Gunung Fuji, Jepang, terdapat Nisiyama Onsen Kelunkan, hotel tertua di dunia. Hotel ini dibuka pada 705 masehi.

Hotel bersejarah ini berada di bawah bukit hijau dan telah melayani tamu selama 1.300 tahun. Hotel ini hanya memiliki 52 staf yang siap melayani para tamu yang biasanya datang untuk menikmati pemandian air panas.
Hotel Nisiyama Onsen Keiunkan adalah bukti budaya Jepang yang sudah berumur tua namun tetap konsisten tetap bertahan dengan ketradisionalannya di era moderen ini.

Dingin-Dingin Seru Bermain di Arena Ice Skating Terpanjang Dunia  
Winnipeg, Kanada

Kanada memang terkenal dengan udaranya yang hampir selalu dingin. Tak heran, negara ini menjadi salah satu destinasi wisata musim dingin.

Saat temperatur udara menurun, wisatawan biasanya datang untuk bermain ice skating di Sungai Assiniboine. Di musim dingin, sungai ini menjadi arena ice skating terpanjang di dunia.
Di sisi sungai ini terdapat beberapa pondok kecil dimana wisatawan bisa menghangatkan diri atau menyantap makanan saat beristirahat dari bermain ice skating. Panjang sungai ini sendiri adalah sekira lima mil, mulai dari Kota Forks menuju Winnipeg.

Lihat Hewan Liar di Cagar Alam Terbesar Sejagad  

Selous, Tanzania

Cagar Alam Selous adalah sebuah area seluas 50 juta kilometer persegi yang dilindungi di Tanzania. Cagar alam ini adalah cagar alam terbesar di dunia.

Di Cagar Alam Selous ini, Anda dapat melihat gajah, antelope, jerapah, kuda nil, serta hewan-hewan khas Afrika lainnya di area alam liar yang sangat luas. Lebih dari satu juta hewan liar hidup di cagar alam ini.

Cagar alam ini merupakan Situs Warisan Dunia UNESCO, yang besarnya dua kali besar negara Belgia. Di dalamnya terdapat ekosistem yang berbeda, mulai dari hutan, padang rumput, hingga rawa-rawa, dan sungai.

Byurrr! Meluncur dengan Kecepatan Penuh di Seluncuran Tertinggi Dunia 
Rio de Janeiro, Brazil

Ingin tahu rasanya jatuh dari pesawat? Siap untuk berteriak sambil meluncur dengan kecepatan 50 mil per jam? Kunjungi saja taman air Barra do Piral di Rio de Janeiro, Brasil, ini.

Di taman air ini, Anda harus mencoba Kilimanjaro. Kilimanjaro adalah salah satu seluncuran yang ada di taman air ini, dan merupakan seluncuran air tertinggi di dunia.

Kilimanjaro memiliki tinggi 49 meter dengan kemiringan 50 derajat. Dengan menaiki seluncuran ini, Anda akan dibawa meluncur dengan kecepatan hingga 57 mil per jam! Berani?

Berenang di Antara Jejeran Karang Terbesar di Dunia 
Great Barrier reef, Australia

The Great Barrier Reef adalah kumpulan terumbu karang terbesar dunia yang terdiri dari kurang lebih 3.000 karang dan 900 pulau, yang membentang sepanjang 2.600 km. Karang ini berlokasi di Laut Koral, lepas pantai Queensland di timur laut Australia.

Great Barrier Reef dapat dilihat dari luar angkasa dan kadang disebut sebagai organisme tunggal terbesar di dunia. Pada kenyataannya, karang ini terbentuk dari berjuta organisme kecil, dikenal dengan sebutan polip koral.
Kekayaan biodiversitas, perairan yang hangat dan jernih, serta keterjangkauannya dari fasilitas terapung (disebut live aboards), membuat karang ini tujuan pariwisata yang sangat populer, terutama bagi para penyelam scuba. Banyak kota di sepanjang pesisir Pantai Queensland yang menawarkan wisata laut ke karang ini setiap harinya. Beberapa pulau kontinental juga telah berubah fungsi menjadi resor.

Berdiri di Ujung Bangunan Setinggi 356 Meter, Berani?  
Toronto, Kanada

Salah satu tempat wisata yang bisa dipakai untuk menguji adrenalin adalah CN Tower di Kota Toronto, Kanada, bernama EdgeWalk. Atraksi ini menyajikan sebuah tur singkat berjalan mengelilingi bagian luar kubah observasi yang kalau dihitung-hitung berada di ketinggian 1.168 kaki (atau sekira 356 meter) di atas permukaan bumi.

Para peserta akan berjalan di atas titian selebar 1,5 meter dan masing-masing dibekali dengan seragam khusus serta alat pelindung keselamatan yang akan membuat para peserta terikat dengan tali di atas kepala mereka.

Bagian terbaiknya adalah tak ada tali atau besi pegangan yang disediakan. Jadi, yang harus dilakukan oleh para pemberani adalah berjalan merambat dengan bersandar pada dinding dan memutari kubah observasi.
Tali pelindung didesain sangat kuat sehingga memungkinkan para peserta keluar dari papan titian dan mencoba sensasi bergelantungan di atas kota. Itupun kalau ada yang berani.



Description: 10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 10 Tempat Wisata Pecahkan Rekor Dunia

12 Jenis Perempuan Single di Dunia

[imagetag]

Setiap orang pasti memiliki pemikiran dan impian-impian tentang suatu hubungan yang bahagia. Michelle Cove, seorang penulis, melakukan penelitian dengan mewawancarai lebih dari 100 perempuan. Dia mencoba menentukan apa saja yang menjadi keinginan dan mimpi dari para perempuan lajang tentang suatu hubungan. Setelah mewawancarai para peremuan tersebut, Cove menyimpulkan semua keinginan dan impian tersebut dalam 12 kategori.


1. Pencari "soulmate"

Perempuan ini percaya setiap orang memiliki belahan jiwa dan ia akan melakukan apa saja untuk bisa menemukan "the one". Sayangnya, kadang-kadang ia terlalu terfokus untuk mencari pria yang tepat sehingga melewatkan pria-pria lain yang mungkin akan cocok untuknya.


2. Ingin bangkit

Lajang yang baru saja mengakhiri hubungan yang menyakitkan akan melakukan apa pun yang bisa dilakukan untuk bangkit dari keterpurukan dan menjadi lebih baik. Ia tidak menyesali apa yang terjadi dan berusaha mengambil hikmah dari semua peristiwa yang terjadi.


3. Mengalir saja

Perempuan seperti ini lebih suka membiarkan hidupnya mengalir begitu saja. Dia lebih suka hidup sendiri daripada berburu pria dengan berbagai cara. Bila akhirnya ia bertemu jodoh, hal itu terjadi secara alami.


4. Menunggu

Mereka percaya dengan kisah-kisah dongeng, di mana para perempuan menunggu untuk "diselamatkan" oleh seorang pangeran. Perempuan ini yakin suatu saat akan ada pria yang mampu mengangkat kehidupannya dan ia memilih menunggu kehadiran pria tersebut.


5. Telat kawin

Seumur hidupnya ia memuaskan keinginan dirinya untuk meraih kepuasan, entah itu dalam karier, pergaulan, maupun pencapaian lainnya. Ketika akhirnya ia merasa sudah waktunya mencari calon suami, ia menghentikan begitu saja segala aktivitas yang semula menjadi prioritasnya.


6. Tipe bebas

Perempuan pada kategori ini selalu mengkhawatirkan apakah dia harus memilih antara hidup sendiri dan berkomitmen. Biasanya, dia akan memilih hidup sendiri, tetapi bebas menentukan arah hidupnya.


7. Ingin menikah

Perempuan ini biasanya baru akan berkhayal tentang suatu pernikahan setelah seumur hidupnya tidak memedulikan konsep pernikahan. Hal ini biasanya terdorong oleh suatu peristiwa besar yang membuka pikirannya bahwa sesuatu yang semula diyakininya ternyata tidak tepat.


8. Pembelot

Perempuan yang tak lagi ingin hidup dengan cara yang sama yang dijalani komunitasnya meskipun dulunya ia juga penganut gaya hidup tersebut. Ia ingin menemukan cara yang sesuai dengan pilihan hatinya meskipun itu berarti harus meninggalkan teman-temannya.


9. Ingin beda

Perempuan yang ingin menikah, tetapi juga merasakan kekuatan untuk menjalani suatu pernikahan yang tidak konvensional. Perbedaan itu bisa dimulai sejak menentukan konsep pernikahannya.


10. Menjadi ibu

Perempuan ini selalu berpikir, suatu saat ia pasti akan menjadi ibu. Namun, dia berharap tidak ada orang lain yang mendesaknya segera mewujudkan harapannya itu. Bahkan, kadang-kadang ia sebenarnya merasa tidak harus menikah untuk mempunyai anak.


11. Lambat dan mantap

Perempuan ini, mungkin juga seperti kebanyakan perempuan pada umumnya, berharap menikah pada waktu yang tepat. Sementara itu, dia akan berusaha sekuat tenaga untuk tidak menghiraukan segala desakan atau tekanan dari teman-teman atau keluarganya untuk segera menikah.


12. Para perintis

Perempuan ini merasa kehidupan pernikahan tidak cocok untuknya. Maka, ia mencoba menemukan cara baru untuk mendapatkan kebahagiaan.


Setiap orang pasti memiliki kategori sendiri karena pada dasarnya jalan hidup setiap orang memang berbeda. Tidak ada orang yang sempurna dalam menjalani sebuah hubungan. Jadi, termasuk dalam kategori apakah Anda? 



Description: 12 Jenis Perempuan Single di Dunia Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 12 Jenis Perempuan Single di Dunia

8 Film Dokumenter Seru

Menonton film tidak harus selalu mengikuti tren box office. Film dokumenter pun banyak yang menarik. Kita bahkan bisa lebih mengenal dunia saat melihat film yang bercerita soal kehidupan nyata.

Bahkan ketika film dokumenter dikemas sangat apik, bukan tak mungkin bisa meraih penghargaan bergengsi seperti Festival Film Cannes misalnya.  Dikutip dari femina, ada 8 film dokumenter kelas dunia yang layak tonton.

 


1. Fahrenheit 9/11 (Michael Moore, AS, 2004)
Opini kritis tentang kebijakan ‘War on Terror’ pada masa Presiden Bush dan cara media massa memberitakannya. Film ini memenangkan Palm d'Or, penghargaan tertinggi Festival Film Cannes ke-57 (2004). Jarang sekali ada film dokumenter yang bisa memenangkan penghargaan ini.

2. Born into Brothels (Zana Briski & Ross Kauffman, AS, 2004)
Zana, wanita fotografer Amerika, datang ke lokalisasi pekerja seks komersial di Sonagachi, Kolkata, India. Ia mengajari mereka  memotret dan menyusun film ini dari banyak potongan kehidupan sehari-hari para penghuni lokalisasi.

3. March of the Penguins (Luc Jacquet, Prancis, 2005)
Pengamatan selama setahun tentang migrasi kelompok penguin di Antartika, dengan narasi para aktor terkenal. Film ini membuka diskusi yang luas tentang konsep keluarga di masa modern.

4. An Inconvenient Truth (Davis Guggenheim, AS, 2006)
Film dokumenter terlaris di AS ini mendokumentasikan kampanye pendidikan lingkungan oleh mantan Wakil Presiden AS, Al Gore, tentang pemanasan global.

5. Dixie Chicks: Shut Up and Sing (Barbara Kopple & Cecelia Peck, AS, 2006)
Cerita personal tentang kelompok band wanita, Dixie Chicks, yang banyak mendapat masalah di negeri sendiri karena selama di London aktif mengkritik kebijakan perang Presiden Bush di depan publik.

6. Earth (Alastair Fothergill & Mark Linfield, Inggris/Jerman/AS/Jepang , 2007)
Film ini mendokumentasikan perjalanan mengunjungi keragaman habitat hewan liar   di berbagai penjuru dunia.

7. Pertaruhan (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Indonesia, 2008)
Empat film dokumenter pendek tentang kontroversi seputar tubuh wanita di Indonesia.

8. Oceans (Jacques Perrin & Jacques Cluzaud, Perancis, 2010)
Film ini menguak misteri bawah laut. Dunia sempat dikagetkan ketika para hiu dibantai dengan kejam demi kepentingan manusia.
Description: 8 Film Dokumenter Seru Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 8 Film Dokumenter Seru

Indahnya Gunung Berwarna Pelangi

Gunung warna-warni seperti pelangi ini terbentang di wilayah barat daya dan tenggara Cina. Lanskap menakjubkan ini disebut Gunung Danxia, hasil fenomena geologi yang diperkirakan mulai terbentuk sejak 24 juta tahun lalu - zaman Cretaceous.

Warna-warni di Danxia kini menjadi hit di jagat maya, setiap posting dari orang yang pernah berkunjung ke tempat ini dianggap hoax. Memang cukup sulit percaya melihat alam yang bisa seindah ini, seolah-olah lukisan impresionis Sang Pencipta.  Ah, kita nikmati saja foto-foto berikut.












Description: Indahnya Gunung Berwarna Pelangi Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Indahnya Gunung Berwarna Pelangi

Film Horror ini dari Kisah Nyata

Beberapa film horror sering dibubuhi keterangan "Berdasarkan Kisah Nyata". Namun tak sedikit yang menjadikannya hanya sebagai trik agar film tersebut laris. Cukup susah membedakan film yang terinspirasi kejadian sesungguhnya atau hanya rekaan saja.

Setidaknya 5 judul fim di bawah ini benar-benar dibuat berdasar kisah nyata.



1. The Amityville Horror
Film ini mengisahkan pasangan suami-isteri John dan Kathy Lutz beserta anak-anak mereka yang membeli rumah di Long Island. Rumah tersebut ternyata menjadi lokasi pembunuhan masal bertahun-tahun lalu. Keluarga Lutz pun diteror oleh berbagai kejadian seram dan dipaksa pergi oleh hantu dari rumah mereka.

Film ini diangkat dari kisah nyata George dan Kathy Lutz (pada film, nama sang suami George diganti menjadi John) berdasarkan pengalaman mereka saat membeli rumah di Amityville. Pasangan suami-isteri ini mendengar berbagai suara aneh meskipun siang hari. Mereka juga melihat lendir berwarna hijau mengalir keluar dari dinding rumah, sehingga keluarga Lutz berlari keluar rumah ketakutan.



2. The Entity
Film Entity termasuk film horror konsumsi dewasa, yang bercerita tentang Carla Morgan, seorang ibu tunggal dengan tiga anak. Ia diperkosa berulang kali oleh hantu aneh di rumahnya.

Film ini diangkat dari kisah nyata Doris Bither yang tinggal di Culver City, California. Pada tahun 1974 paranormal Kerry Gaynor dan Barry Taff dipanggil karena Bither mengaku telah mengalami kekerasan fisik seksual oleh mahluk halus.

Gaynor dan Taff menyaksikan benda-benda bergerak di rumahnya, termasuk foto penampakan cahaya mengambang. Tetapi mereka tidak pernah melihat penyerangan hantu terhadap Bither.  Gangguan hantu berkurang setelah Bither dan keluarga  pindah rumah.



3. The Exorcism of Emily Rose
Film Exorcism mungkin jadi film horror paling populer. Kisahnya sendiri terinspirasi dari pengalaman hidup seorang gadis Jerman 16-tahun bernama Annelise Michel. Ia mengalami kerasukan yang parah, menyiksa diri sendiri, kelaparan hingga kelumpuhan.

Penderitaanya berlangsung hingga 7 tahun hingga akhinya dua imam dipanggil dan melakukan eksorsisme - ritual pengusiran roh jahat. Mereka menyatakan bahwa Michel dirasuki banyak hantu. Michel akhirnya meninggal bulan Juli 1976 karena kelaparan. Orang tua dan dua imam tadi diajukan ke pengadilan dengan dugaan pembunuhan.

Kisah Annelise Michel yang kemudian diangkat ke dalam film, nama tokoh diganti menjadi Emily Rose. Namun, plot cerita berjalan serupa dengan kejadian nyata.



4. Wolf Creek
Sebenarnya fim Wolf Creek tidak termasuk film horror yang berkaitan langsung dengan para hantu, melainkan pembunuh berantai. Dalam film diceritakan tiga pengelana (backpackers) disandera oleh seorang psikopat gila.

Film ini diangkat dari kisah Ivan Milat, seorang pembunuh berantai yang bertanggung jawab atas kematian tujuh backpackers di sekitar Belanglo State Forest, Australia sekitar tahun 90an. Milat menguntit pejalan kaki sebelum akhirnya ia menembak, menusuk, mencekik atau memukul korbannya sampai mati. Pihak berwajib cukup kesulitan menangkap Milat karena tak ada motif atau pola tertentu saat melakukan kejahatan, selain tujuan psikopat ini hanya satu: membunuh.



5. The Haunting in Connecticut
 
Film ini bercerita tentang keluarga Campbell yang terpaksa pindah ke sebuah tempat bekas kamar mayat. Ini dilakukan agar mereka bisa dengan cepat pergi ke rumah sakit tempat anak mereka dirawat karena kanker. Ternyata bekas kamar mayat tersebut penuh kekuatan jahat, mereka pun dihantui berbagai teror menyeramkan.

Film ini terinspirasi pada kisah Carmen Snedecker dan keluarganya yang pindah ke Connecticut pada era 80-an agar lebih dekat dengan anak mereka Phillip, yang menerima perawatan kanker di rumah sakit. Ternyata kondisi Phillip menjadi tidak menentu dan mengklaim bahwa rumah itu berhantu, namun orang tuanya percaya bahwa ia mengalami skizofrenia. 
Description: Film Horror ini dari Kisah Nyata Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: Film Horror ini dari Kisah Nyata

5 kapal pesiar paling mewah di dunia

1. MS Allure of the Seas

Kapal pesiar terbesar di dunia adalah MS Allure of the Seas. Royal Caribbean International Company membuat kapal ini pada tahun 2006. Para insinyur desain menemukan kapal ini lebih panjang 2 inci dari MS Oasis of the Seas. Kapal ini adalah generasi kedua dari kapal MS Oasis of the Seas. Dimulainya pembuatan MS Allure of the Seas dilakukan pada tanggal 2 Desember 2008 di galangan kapal Turku, Finlandia, tak lama setelah galangan kapal tersebut diakuisisi oleh perusahaan STX Europe. Pembangunan kapal ini dapat diselesaikan dan diluncurkan ke laut pada 20 November 2010 dan segera menuju ke pangkalannya di Pelabuhan Everglades, Florida AS. Selang beberapa hari kemudian, tepatnya pada tanggal 1 Desember 2010 MS Allure of the Seas telah melakukan pelayarannya yang pertama kali.

Ukuran kapal ini adalah 4x lapangan sepakbola dengan fasilitas helipad, kolam renang, hotel, kafe, bioskop, lapangan badminton, lapangan golf. Semua fasilitas tersebut sangat mewah. Kapal ini memiliki kapasitas penumpang sebanyak 1385 orang, dilengkapi 25 restoran, dan memiliki 2000 orang kru profesional. Tinggi kapal ini 72 meter dan panjang 360 meter. Kapal ini merupakan kapal pesiar termewah dan terbesar pertama di dunia.


- Produsen : STX Europe, Turku, Finland
- Pemilik/Operator : Royal Caribbean International
- Class & Type : Oasis Class, Kapal Pesiar Penumpang
- Mulai Dibangun : 2 Desember 2008
- Diluncurkan : 20 November 2010
- Pelayaran perdana : 1 Desember 2010
- Tonase : 225.282 GT ; 242.999 NT ; 19.750 DWT
- Panjang : 360 meter
- Lebar rata-rata : 60,5 meter
- Tinggi : 72 meter
- Deck : 16 deck penumpang
- Mesin penggerak : 3 unit 20 MW ABB Azipod dan 4 unit 5.5 MW Wrtsil CT3500
- Kecepatan : 22.6 knot (41.9 km/jam; 26.0 mph)
- Kapasitas penumpang : 5.400 hingga 6.296 penumpang
- Jumlah Kru Kapal : 2.384 (pada Juli 2012)




2. MS Oasis of the Seas


Kapal terbesar kedua di dunia adalah MS Oasis of the Oasis. Panjang kapal ini 1.187 kaki dan memiliki tempat untuk 6.296 orang. MS Oasis juga digunakan untuk jalur pelayaran internasional terbesar di dunia sampai Royal Caribbean meluncurkan generasi keduanya yang bernama Allure of the Seas pada tanggal 20 November 2010.
Kapal ini hanya selisih sepanjang 50mm dengan MS Allure of the Seas, keduanya dimiliki The Royal Caribbean International Company. Kapal ini mampu melaju hingga 22.6 knot yang didorong oleh 6 mesin diesel. Kapal pesiar ini menawarkan kemewahan di lautan dengan 16 dek, teater super besar, restoran dengan menu dari seluruh dunia, sarana hiburan, cafe dan semua impian para wisatawan.


- Name: Oasis of the Seas
- Owner: Royal Caribbean International
- Operator: Royal Caribbean International
- Class & type: Oasis-class cruise ship
- Tonnage: 225,282 GT ; 242,999 NT ; 15,000 DW
- Length: 361.6 m (1,186.5 ft) overall
- Height: 72 m (236 ft) above water line
- Draught: 9.3 m (31 ft)
- Depth: 22.55 m (74 ft)[8]
- Decks: 16 passenger decks
- Speed: 22.6 knots (41.9 km/h; 26.0 mph)
- Capacity: 5,400 passengers at double occupancy, 6,296 maximum
- Crew: 2,165 on maiden voyage, 2,394 as of July 2012



3. Norwegian Epic


Kapal pesiar mewah terbesar ketiga adalah kapal Norwegian Epic. Perusahaan yang mengelola kapal ini bernama Norwegian Cruise Line dan telah dioperasikan sejak 24 Juni 2010. Berat kotor kapal ini sebesar 155.873 ton. Dengan panjang 329.49 meter dan lebar 40 meter, Norwegian Epic mampu membawa 4100 penumpang sekaligus.

Kapal ini memiliki 19 tingkat dek mewah, ice bar, sarana bowling, taman bermain, shopping mall, ada gaya hiburan dari Cirque Mimpi dan Blue Man Group Las Vegas, 20 restoran dan kafe, dan pilihan besar untuk akomodasi, mulai dari studio pengunjung untuk solo maupun grup dan villa berukuran besar lengkap dengan pelayan pribadi. Benar-benar kapal pesiar yang mewah.


- Name: F3 I (2008-2010) ; Norwegian Epic (2010-present)
- Owner: Norwegian Cruise Line
- Type: Cruise ship
- Tonnage: 155,873 GT ; 146,495 NT ; 10,850 DWT
- Length: 329.45 m (1,081 ft)
- Beam: 40.64 m (133 ft)
- Draft: 8.7 m (29 ft)
- Depth: 21.6 m (71 ft)
- Decks: 19
- Speed: 22 knots (41 km/h; 25 mph)
- Capacity: 4,100 passengers (double occupancy)
- Crew: 1,708




4. MS Freedom of the Seas


Diluncurkan pada tahun 2006, kapal pesiar yang cantik nan mewah ini menempati urutan keempat. MS Freedom of the Seas memiliki panjang 338.9 meter dan lebar 38 meter.

Meskipun hanya menempati urutan keempat dalam ukuran tapi dalam hal kemewahan, MS Freedom of the Seas menempati urutan pertama!.

Mampu menampung 3634 penumpang menawarkan kenikmatan kopi Irlandia yang terkenal, kasino mewah, kolam renang, sarana skating es dan fasilitas lain yang menakjubkan.


- Name: Freedom of the Seas
- Owner: Royal Caribbean Cruises Ltd.
- Operator: Royal Caribbean International
- Class & type: Freedom-class cruise ship
- Tonnage: 154,407 GT
- Length: 1,112 ft (338.94 m)
- Height: 209 ft (63.70 m)
- Draught: 28 ft (8.53 m)
- Decks: 18 total decks, 15 passenger decks
- Speed: 21.6 knots (40.0 km/h; 24.9 mph)
- Capacity: 3,634 passengers
- Crew: 1,360




5. MS Liberty of the Seas

Diluncurkan pada tahun 2007, masih dari The Royal Caribbean International Company. Menempati urutan kelima dalam jajaran kapal pesiar terbesar dan termewah 2011 di dunia.
Memiliki 15 dek mewah dengan daya tampung 3634 penumpang . Kapal ini memiliki panjang 338.9 meter dan bobot mati 154.407 Ton!

- Name: Liberty of the Seas
- Owner: Royal Caribbean International
- Class & type: Freedom-class cruise ship
- Tonnage: 154,407 GT
- Length: 1,111.9 ft (338.91 m)
- Draught: 28 ft (8.53 m)
- Decks: 18 total decks, 15 passenger decks
- Speed: 21.6 knots (40.0 km/h; 24.9 mph)
- Capacity: 3,634 passengers (double occupancy)
- Crew: 1,300 (average)


Description: 5 kapal pesiar paling mewah di dunia Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 5 kapal pesiar paling mewah di dunia

13 Fakta Tentang Matahari

Matahari adalah sumber kehidupan di bumi. Tanpanya, tak akan ada siang, tak ada tumbuhan yang hidup, dan banyak lagi. Sebagai pusat dari sistem Tata Surya, bola raksasa ini punya banyak fakta menarik. Kita lihat 13 diantaranya.




1. Matahari hanyalah satu dari 200 miliar bintang yang bertebaran di Galaksi Bima Sakti (Milky Way). Itu baru dibandingkan dengan satu galaksi, belum termasuk miliaran galaksi lain di alam semesta.

2. Bumi menerima energi sangat besar, hingga 94 milliar Megawatt dari Matahari. Ini setara dengan 40 ribu kali lipat tenaga yang menghidupkan satu negara Amerika Serikat.

3. Setiap detik, Matahari melepaskan lima juta ton material, termasuk hidrogen dan helium.

4. Temperatur atau suhu di dalam inti matahari diperkirakan mencapai 14 juta Kelvin, setara 13 juta derajat Celcius. Panasnya sungguh tak terbayangkan.

5. Energi yang diproduksi dari inti Matahari, membutuhkan waktu 50 juta tahun untuk mencapai permukaan Matahari. Jika Matahari menghentikan produksinya sekarang, maka makhluk di Bumi baru akan merasakan efeknya 50 juta tahun lagi.
 


6. Diameter Matahari setara dengan 109 kali diameter Bumi.

7. Jika Matahari diibaratkan sebuah bola pantai, maka Jupiter setara ukuran bola golf, dan Bumi hanya sebesar kacang.

8. Tidak seperti Bumi, Matahari sepenuhnya terbuat dari gas. Dengan kata lain, tidak ada permukaan yang padat di Matahari.

9. Cahaya matahari membutuhkan waktu 8,3 menit untuk sampai ke Bumi.

10. Kecepatan rotasi Matahari (velocity) sangat cepat, 383 mil per detik.

11. Untuk mengantarkan cahaya ke planet paling luar, Pluto, Matahari membutuhkan waktu 5,5 jam.

12. Matahari berotasi atau berputar pada porosnya selama 25,38 hari sekali waktu Bumi.

13. Matahari dan sistem planet di dalamnya mengorbiti pusat Galaksi Bima Sakti setiap 240 juta tahun sekali.


sumber
Description: 13 Fakta Tentang Matahari Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 13 Fakta Tentang Matahari

8 Penemuan Hebat oleh Wanita

Di akhir abad ke-20, hanya 10 persen paten penemuan yang diberikan pada kaum perempuan. Bukan berarti kalah pintar dari kaum pria, melainkan butuh waktu puluhan dan mungkin ratusan tahun hingga kaum perempuan bisa sejajar di mata pria.

Contohnya Sybilla Masters yang hidup di abad 18 saat Amerika masih terkenal dengan jaman "wild-wild west". Ia berinovasi dalam proses pembuatan tepung jagung. Hasil temuannya didaftarkan untuk mendapat paten saat pulang ke Inggris di tahun 1715. Ironis, karena masa tersebut tidak mengakui hak kekayaan intelektual bagi kaum perempuan, maka suaminya, Thomas yang berhak mendapat paten.

Barulah di tahun 1809 Mary Dixon Kies menjadi wanita Amerika pertama yang berhak mendapat paten atas namanya sendiri. Ia berhasil mengembangkan mesin tenun jerami pembuat topi. Sejak itu, kaum perempuan mulai bisa diterima di antara hegemoni kaum pria.

Menyebut daftar temuan yang digagas oleh kaum perempuan kini banyak sekali. Kita akan lihat 10 daftar saja yang sangat berguna dalam kehidupan.


1. Aramid atau Kevlar
seacoastonline.com

Aramaid atau Kevlar adalah bahan pada baju anti peluru. Material ini ditemukan tahun 1964, oleh Stephanie Kwolek, seorang ahli kimia berkebangsaan Amerika, yang bekerja sebagai peneliti pada perusahaan DuPont.

Aramid adalah kependekan dari kata aromatic polyamide. Aramid memiliki struktur yang kuat, alot (tough), memiliki sifat peredam yang bagus (vibration damping) , tahan terhadap asam (acid) dan basa (leach) dan selain itu dapat menahan panas hingga 370°C,sehingga tidak mudah terbakar.

Karena sifatnya yang demikian, aramid juga digunakan di bidang pesawat terbang, tank, dan antariksa (roket).Produk yang dipasarkan dikenal dengan nama Kevlar. Kevlar memiliki berat yang ringan, tapi 5 kali lebih kuat dibandingkan besi.


2. Polonium dan Radium
neurope.eu


Marie Curie adalah ahli kimia dan fisika Perancis kelahiran Polandia yang sampai sekarang merupakan satu-satunya orang yang pernah mendapatkan hadiah nobel di dua bidang yang berbeda, yaitu fisika dan kimia.

Penemuannya dibidang radioaktif membuat Marie Curie masuk ke dalam daftar penemu yang berpengaruh kepada dunia. Marie Curie adalah wanita pertama pemenang nobel dan juga adalah wanita pertama yang menjadi professor di universitasnya, Universities of Paris.

Karya dan penelitian Marie Curie membuat para ahli kimia dan fisika mengerti bagaimana cara mengumpulkan sumber-sumber material yang mengandung radioaktif untuk menyembuhkan penyakit sekaligus untuk keperluan riset yang lebih dalam pada zat-zat radioaktif.


3. Chocolate chip cookies
 nist.gov

Kue kering chocolate chip paling enak disantap sore hari sambil minum teh. Penemunya adalah Ruth Wakefield, ahli gizi dan dosen makanan.

Ia dan suaminya pindah ke Boston dan membuka usaha penginapan. Pada suatu hari di tahun 1930 ia sedang menyiapkan hidangan untuk tamu. Wakefield membutuhkan coklat leleh agar resepnya sempurna, sayang ia kehabisan bahan. Akhirnya ia mengambil batangan cokelat Nestle, dihancurkan kecil-kecil dan dilempar ke dalam oven. Ia berharap cokelat tersebut akan mencair. Ternyata yang dihasilkan justru cokelat yang menggumpal kecil-kecil. Itulah sejarah kelahiran chocolate chips.


4.  Mistake Out
 dykestowatchoutfor.com

Sekitar tahun 1951, Ms Graham menjadi sekretaris eksekutif yang sering mengetik dokumen penting. Agar tak usah mengulang mengetik dokumen setiap kali ada salah ketik, ia menggunakan cat putih yang ia ramu sendiri. Ternyata cat putih plus kuas kecil yang dinamakannya Mistake Out itu disukai teman-temannya juga. Akhirnya ia mendirikan pabrik Mistake Out.

 
5. COBOL
 ecured.cu

Laksamana Grace Murray Hooper bergabung dengan militer pada tahun 1943 dan ditempatkan di Harvard University, di mana dia bekerja pada IBM Harvard Mark I komputer, komputer berskala besar pertama di Amerika Serikat.

Pada tahun 1950, Laksamana Hopper menemukan compiler, yang menerjemahkan perintah bahasa manusia (Inggris) ke kode komputer. Perangkat ini berarti bahwa programmer bisa membuat kode lebih mudah dan dengan sedikit kesalahan.

Compiler kedua yang diciptakannya adalah Arus-Matic, digunakan untuk program UNIVAC I dan II - komputer generasi pertama yang tersedia untuk kepentingan komersial. Laksamana Hopper juga mengawasi perkembangan bahasa Business-Oriented Umum (COBOL), salah satu bahasa pemrograman komputer pertama.


6. Colored Flare System
Colored Flare System (CFS) adalah alat komunikasi atau juga tanda darurat seperti yang digunakan kapal laut pada malam hari. Siapa sangka di balik temuan hebat ini hasil kerja keras seorang wanita tangguh, Martha Coston.

Pada tahun 1847 di usia ke-21 ia harus menjanda dengan tanggungan 4 orang anak saat suaminya meninggal. Ia tidak tahu apa yang harus dilakukan, hingga suatu hari membolak-balik catatan milik suaminya dan menemukan rancangan alat komunikasi untuk kapal laut pada malam hari.

Coston lalu menghabiskan waktu hingga 10 tahun merevisi dan menyempurnakan desain suaminya tersebut. Ia berkonsultasi dengan para ilmuwan dan pihak militer tapi belum menemukan jawaban yang tepat. Hingga akhirnya suatu malam saat membawa anak-anaknya melihat kembang api, ia mendapat ide yang bisa diterapkan pada alat buatannya.

Ironis, walau ia sudah membantu pihak militer selama Perang Sipil dengan menghabiskan 1.200.000 CFS, justru ia berutang hingga USD 120,000 dan pihak Angkatan Laut Amerika saat itu tidak mau membayar hanya karena alasan bodoh: bahwa Coston seorang wanita.



7. Dishwasher
 dishwasher ciptaan Cochrane / csupomona.edu


dishwasher modern / cooper-electric.net

Pada tahun 1883 Josephine Cochrane ditinggal mati suaminya berikut warisan hutang yang besar. Dalam keputus-asaan otaknya bekerja keras membuat mesin pencuci piring (dishwasher). Akhirnya di tahun 1886 mesin itu pun selesai dan mendapat paten.

Awalnya ia kesulitan menjual mesin tersebut karena dishwasher buatannya membutuhkan air panas agar bisa berfungsi, sementara pada masa tersebut tak banyak rumah tangga yang memiliki mesin pemanas air. Akhirnya Cochrane berfokus pada hotel dan restoran besar. Alasan Cochrane agar mesinnya laku, dengan dishwasher maka pengusaha hotel dan restoran tidak perlu menggaji banyak karyawan hanya untuk pekerjaan cuci piring.
8. Wiper
Pada awal abad ke-20, Mary Anderson berkunjung ke New York. Kondisi di kota 'Big Apple' saat itu baru mulai ramai oleh lalu-lintas mobil walau belum begitu banyak.

Selama berwisata, ia naik trem dan setiap beberapa menit selalu berhenti karena supir harus menyeka salju di kaca depan. Kebetulan saat itu musim dingin. Mary Anderson memperhatikan hal ini, ternyata semua supir melakukan hal yang sama.

Saat ia pulang ke Alabama, dirancanglah sebuah alat yang bisa melekat pada kaca kendaraan. Saat sopir harus membersihkan kaca, ia tak perlu turun dan cukup menarik pegangan pada gagang tersebut untuk membersihkan salju.

Mary Anderson menerima paten pada tahun 1903, dan 10 tahun kemudian mobil-mobil di Amerika sudah menggunakan wiper ciptaannya.



Description: 8 Penemuan Hebat oleh Wanita Rating: 5.0 Reviewer: Leonardo Tampubolon ItemReviewed: 8 Penemuan Hebat oleh Wanita