Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

10 Hewan yang Pintar

Ads Here
Banyak penelitian menemukan tingkat kecerdasan beberapa jenis hewan di atas rata-rata. Lumba-lumba yang bisa berhitung, gagak yang mengelabui manusia agar mendapatkan makanan, dan banyak lagi.

Ingin tahu jenis hewan apa saja yang dianggap memiliki intelejensia tinggi? Kita langsung simak saja daftarnya.


1. Simpanse

Simpanse menduduki puncak daftar hewan paling cerdas di dunia. Hewan ini memiliki cara berkomunikasi dan kemampuan memecahkan masalah yang baik. Bahasa isyarat yang digunakan oleh simpanse mampu diterapkan untuk berkomunikasi secara efisien.

Jenis primata ini bisa menggabungkan simbol yang berbeda dan menciptakan bahasa untuk berkomunikasi satu sama lain.

Simpanse cukup terorganisir dalam berbagai aktivitas yang mereka lakukan. Mereka mampu mempersiapkan alat-alat sekaligus menggunakannya untuk berburu.

Kualitas seperti kesadaran diri dan empati nampak pada simpanse. Hirarki sosial merupakan hal penting bagi simpanse. Dorongan untuk bergerak ke hirarki sosial lebih atas juga ditemukan pada hewan ini.




2. Lumba-lumba

Lumba-lumba merupakan mamalia air yang masuk dalam daftar hewan cerdas. Teknik canggih komunikasi digunakan oleh lumba-lumba. Lumba-lumba mengkomunikasikan ‘pikiran’ mereka melalui suara seperti klik, bersiul, atau membuat suara seperti ‘eee’.

Selain berkomunikasi secara efisien, lumba-lumba juga merupakan pemburu efisien karena mampu mengatur kelompok untuk pembuat perangkap bagi mangsa.

Lumba-lumba dapat mengikuti instruksi yang diberikan oleh manusia. Mereka juga mampu memecahkan teka-teki dan bekerja dalam tim dengan lumba-lumba lainnya.




3. Gajah

Gajah adalah satu di antara hewan terpandai dan memiliki otak yang sangat berkembang. Gajah memiliki memori tajam yang antara lain digunakan untuk mengingat jalur migrasi mereka.

Jika seseorang melukai gajah di masa lalu, hal ini hampir tidak akan pernah dilupakan oleh gajah dan tetap melekat dalam memori mereka. Demikian pula, gajah juga akan selalu ingat sesama gajah atau orang-orang yang telah berlaku baik.

Emosi yang berkembang dan kedalaman pemahaman juga merupakan ciri-ciri perilaku gajah. Gajah turut berdukacita jika ada teman mereka yang mati, bahkan mengingat lokasi kematiannya.




4. Monyet Rhesus

Monyet rhesus adalah salah satu hewan paling cerdas di dunia. Monyet ini mampu mengambil keputusan, memiliki ingatan yang baik, dan belajar hal-hal baru.

Wajah monyet rhesus amat ekspresif. Mereka juga merupakan hewan sosial yang dapat merencanakan tindakan bersama-sama.




5. Tikus

Tikus adalah makhluk yang menunjukkan tingkat intelijen tinggi. Indera pendengaran dan penciuman tikus sangat berkembang. Emosi seperti sukacita, penyesalan, stres, kehilangan, dll mampu ditampilkan oleh hewan ini.

Tikus digunakan dalam pengujian dan penelitian melebihi hewan lainnya. Tikus memiliki sebuah kemampuan mental yang disebut metakognisi yang sebelumnya hanya diketahui ditemukan pada manusia dan beberapa primata.




6. Gagak

Gagak dianggap sebagai yang paling cerdas dari semua burung. Intelijensi gagak terutama terlihat pada aktivitas menemukan makanan dan menghindari predator. Makhluk ini juga mampu menghitung, membedakan bentuk, dan menggunakan berbagai alat.




7. Semut

Semut dikenal karena perilaku sosial dan kerapihan organisasinya. Intelijensi serangga ini paling tepat digambarkan sebagai strategis dan metodis.

Semut dikenal memiliki sifat teritorial. Semut tidak akan mentolerir penyusup memasuki wilayah mereka. Dalam proses melindungi wilayah atau saat berburu, semut dikenal mampu berbagi tanggung jawab dan mendelegasikan kerja.

Selain cerdas dan terorganisir, semut juga kuat secara fisik. Mereka mampu membawa beban 20 kali berat badan mereka.




8. Betet Abu-abu Afrika

Burung ini bisa meniru suara manusia dan berkomunikasi melalui berbagai panggilan. Mereka tidak hanya mampu meniru ucapan manusia, tetapi juga meniru suara-suara lainnya.




9. Gurita Raksasa Pasifik Utara
Makhluk ini merupakan salah satu invertebrata paling cerdas. Gurita Raksasa Pasifik Utara termasuk kelas moluska dengan keluarga Cephalopoda. Kemampuan pemecahan masalah dan pembelajaran observasional ditemukan dimiliki gurita ini.

Kemampuan memori jangka pendek dan panjang juga ditemukan pada moluska ini. Penyamaran dan kemampuan untuk meniru adalah kualitas penting yang dimiliki Gurita Raksasa Pasifik Utara




10. Paus

Ikan paus merupakan makhluk sosial dengan kemampuan berkomunikasi jarak jauh. Sifat sosial paus dapat diamati selama kegiatan seperti berburu. Paus adalah pemain tim yang sangat baik dan bersama-sama mereka mampu melaksanakan strategi tertentu dengan akurat.

Emosi seperti kesedihan ditunjukkan oleh paus misalnya dalam kasus adanya anggota keluarga yang mati.

Artikel Terkait: 10 Hewan yang Pintar

Description: 10 Hewan yang Pintar Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: 10 Hewan yang Pintar
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }