Created (c) by Princexells Seyka (Princelling Saki)

Masjid yang terbuat dari Lumpur

Ads Here
Masjid atau mesjid adalah rumah tempat ibadah umat Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan mesjid berukuran kecil juga disebut musholla, langgar atau surau. Selain tempat ibadah masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim.

Kegiatan - kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al Qur'an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam, masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan hingga kemiliteran.

Berikut 5 Masjid Menakjubkan yang terbuat dari Lumpur:

1. Masjid Besar Bobo Dioulasso
Masjid Besar Bobo Dioulasso
Bobo Dioulasso merupakan masjid raya yang terdapat di Burkina Faso, merupakan salah satu masjid tertua di Afrika Barat. Serupa dengan Masjid Djinguereber di Timbuktu, Bobo Dioulasso terbuat dari material lumpur, tanah liat dan kayu-kayuan.
Masjid Besar Bobo Dioulasso
Namun sayang saat ini lingkungan Masjid Raya Bobo Dioulasso karena bau yang diakibatkan oleh sungai yang tercemar. Dan meski sedang mengalami restorasi, namun masyarakat setempat mengatakan bahan yang digunakan tidak lagi lumpur dan tanah liat melainka semen dan sebagainya. 

2. Siwa Oasis
Siwa Oasis
Siwa Oasis merupakan sebuah bangunan yang terbuat dari kasheef, lumpur lokal yang terbuat dari campuran pasir unik dari sebuah danau yang memiliki kandungan garam tinggi. 
Siwa Oasis
Siwa Oasis terletak di sebuah jalur perdagangan kuno di sebelah barat gurun pasir Mesir, sebuah jalur yang vital untuk kemakmuran sebuah negara di era keemasan imperium Roma. Dengan sumber air alami yang dikelilingi oleh tanaman palem yang rindang, membuat para pedagang betah berada di kawasan Siwa Oasis. 

3. Masjid Besar Djenné
Masjid Besar Djenné
Mungkin Masjid Besar Djenne merupakan bangunan lumpur terbesar di dunia, dengan arsitektur khas Sudan meskipun letaknya berada di Mali. Masjid yang pertama dibangun sekitar abad ke-13, strukturnya dibangun satu abad sebelumnya. 
Masjid Besar Djenné
Djenne merupakan sebuah kota yang berdekatan dengan Timbuktu, maka tidak heran jika kedua memiliki hubungan psikologi dan sosial yang kuat.

4. Aït Benhaddou
Aït Benhaddou
Aït Benhaddou merupakan salah satu tujuan wisata utama di Maroko, Ouarzazate merupakan sebuah tempat yang sangat indah, dengan kasbah yang terbuat dari tanah liat. Maka tidak heran jika kawasan Ourazazate banyak digunakan sebagai latar berbagai film popular dunia seperti Lawrence of Arabia, Star Wars dan Gladiator.  
Aït Benhaddou
Dengan lokasinya yang berada di pinggiran Gurun Sahara, Ourazazate merupakan adalah tempat singgah para pelancong, pedagang, dan peziarah yang kebetulan melewati Gurun Sahara.

5. Shibam
Shibam
Dengan berjuluk “Manhatten of the desert,” Shibam merupakan kawasan perkotaan yang terletak di Yaman. 
Shibam
Mayoritas bangunan yang ada di Shibam dibangun pada abad ke-16, dan julukan sebagai Manhattan tersebut dibuktikan dengan apartemen-apartemen yang berdiri di hadapan padang pasir. Uniknya apartemen tersebut dibuat dari batu bata (tanah liat) dan lumpur, dahulu masyarakat Shibam mendirikan kompleks bangunan tersebut sebagai perlindungan dari serangan orang-orang Badui 

Artikel Terkait: Masjid yang terbuat dari Lumpur

Description: Masjid yang terbuat dari Lumpur Rating: 5.0 Reviewer: Unknown ItemReviewed: Masjid yang terbuat dari Lumpur
Comments
0 Comments

{ 0 komentar... read them below or add one }